Rabu, 14 Januari 2009

Nama : Dawam Manfaluthi

Jur/Smt : PAI/III B Extension

Mata kuliah : Character Building Guru PAI

Dosen : Nuraida, Sag, Msi

Program Ketakwaan

1. Ketakwaan adalah melakukan semua perintah-Nya dan menjauhi semua apa-apa yang dilarang-Nya.
2. Ciri-ciri orang yang bertakwa
- Shalat 5 waktu diawal waktu
- Memberi sedekah kepada orang yang tidak mampu
- Membaca Al-Qur’an 1 juz tiap hari
- Puasa sunnah senin dan kamis
3. Saya ingin mencoba mempraktekan takwa:
- mencoba bersedekah
- mencoba menghapal Al-Qur’an
- mencoba shalat sunnah tahajud
- mencoba puasa sunnah senin dan kamis

- mencoba shalat sunnah qabliyah dan ba’diyah

Pengaruh program Taqwa bagi saya:

Pertanggal 4-10 Januari 2009

1. Alhamdulillah Shalat saya bertambah rajin dan diawal waktu,

2. Alhamdulillah Hati saya tentram dan damai dengan sering melaksanakan shalat 5 waktu

3. Alhamdulillah saya bertambah lembut bicaranya dengan orang karena saya sering membaca Al-Qur’an setiap hari InsyaAllah

4. Alhamdulillah iman saya bertambah lebih tawadhu dari hari kemarin


Program Kepribadian

1. Pengertian kematangan kepribadian

kematangan kepribadian adalah organisasi yang dinamis dalam individu yang mencakup system psikofisis yang menentukan penyesuaian diri yang unik terhadap lingkungannya

2. Ciri-ciri karakteristik kematangan kepribadian:

a. Jujur

b. Supel

c. murah senyum

3. Saya mencoba mempraktekan kematangan kepribadian agar lebih baik

a. Berkata jujur dengan orang lain

b. Berkomunikasi dengan baik

c. Murah senyum dengan orang lain

4. Pengaruh program kematangan kepribadian bagi saya

a. - banyak bergaul dengan orang yang baik

- saya lebih aktif dalam berorganisasi

b. - saya akan berusaha bertindak bijaksana

- saya sudah mulai bersikap dewasa

c. - berfikir positif

d. - tidak berdusta kepada diri sendiri

Program Emosional

1. Pengertian Kematangan emosional

Kematangan emosional adalah mampu menahan emosi, mengenal emosi sendiri sehingga kemampuan berfikir tidak terganggu dalam berbagai masalah yang dihadapinya.

2. Ciri-ciri karakteristik Kematangan emosional

a. kesadaran diri

b. pengenalan diri

c. motivasi diri

d. keterampilan sosial

3. Saya mencoba mempraktekan Kematangan emosional

a. Lebih dewasa dalam mengambil keputusan

b. Belajar menghargai pendapat orang lain

c. Selain yakin dan berfikir positif

d. lebih mampu bersahabat dengan orang lain.

4. Pengaruh program kematangan emosional bagi saya

a. - bertindak wajar dalam menuangkan emosi

- lebih dewasa dalam mengambil keputusan

b. - tidak mudah berputus asa

- bersikap wajar

c. - berantusias untuk menggapai cita-cita

Program intelektual

1. Pengertian kematangan intelektual

kematangan intelektual adalah kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau belajar dari pengalaman yang pernah dialaminya.

2 Ciri-ciri kematangan intelektual

a . rajin membaca buku, Koran, dan majalah

b. berdiskusi dengan teman, dosen, dan orang tua

c. ke warnet buat artikel yang islami

d. mencari info-info penting

3. Saya mencoba mempraktekan kematangan intelektual

a. meningkatkan ilmu pengetahuan teknologi dan Agama

c. mencari info-info penting di internet maupun edia-media yang lain

d. mencoba mempunyai inovasi/ide yang baru

e. mencoba mengetik rapih dan cepat di komputer

4. Pengaruh program kematangan intelektual bagi saya

a. - banyak pengetahuan teknologi dan agama

- menjadi lebih pintar dan cerdas

b. - mengikuti perkembangan zaman

- mengetahui info yang sedang berkembang

c. - dapat menciptakan ide-ide baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar